Modul Training PT Jaya Cell

 

 


 

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kenikmatan sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Teori Dan Study Kasus Jasa” ini.

Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Karena dengan perjuangan beliaulah kita bisa mengetahui betapa pentingnya ilmu pengetahuan sebagai bekal kita hidup di dunia dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Saya menyadari bahwa di dalam makalah ini banyak terdapat kesalahan dan kekurangan. Untuk itu saya sangat mengharapkan kepada para pembaca untuk menyampaikan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kebaikan dan kesempurnaan makalah selanjutnya.

Terima kasih kami ucapkan kepada Ibu Lis Saumi yang telah memberikan kami tugas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sukabumi, 26 November 2020

 

 

    Penulis

 

 

DAFTAR ISI

COVER .................................................................................................................... i

KATA PENGANTAR ............................................................................................ ii

DAFTAR ISI ........................................................................................................... iii

DAFTAR GAMBAR .............................................................................................. vi

DAFTAR TABEL ................................................................................................... ix

BAB I PENDAHULUAN ....................................................................................... 1

1.1.  Latar Belakang ................................................................................................... 1

1.2.  Tujuan ................................................................................................................ 2

1.3.  Ruang Lingkup .................................................................................................. 2

BAB II LANDASAN TEORI................................................................................. 3

2.1. Perkenalan ABSS Premier 20.......................................................................... 3

2.1.1. Sejarah ABSS Premier 20   ............................................................................. 3

2.1.2. Pengenalan ABSS Premier   ........................................................................... 3

2.1.3. Kegunaan ABSS Premier ............................................................................... 4

2.1.4. Cara Menginstal ABSS Premier ..................................................................... 5

2.1.5. Pengenalan Jendela Awal ............................................................................... 9

 

BAB III PEMBAHASAN ....................................................................................... 10

3.1. Pembuatan Data Usaha Baru ............................................................................. 10

3.1.1. Kebijakan Perusahaan ..................................................................................... 10

3.1.2. Langkah-Langkah Untuk Membuat Data Perusahaan Mengg

unakan Metode Garis Lurus    12

3.1.3. Pengaturan Preference .................................................................................... 13

3.2 Pembuatan Mata Uang ........................................................................................ 17

3.3 Pengaturan Linked Account ............................................................................... 19

3.4 Pembuatan Linked Accounts............................................................................... 23

3.5 Pembuatan Data Pajak ........................................................................................ 25

3.6 Pembuatan Data Job............................................................................................ 26

3.7 Pembuatan Category ABSS ................................................................................ 26

3.8 Pembuatan Price Level ....................................................................................... 27

3.9 Pencatatan Neraca Saldo ..................................................................................... 28

3.10 Pembuatan Data Pelanggan, Pemasok, Dan Karyawan .................................... 31

3.11 Pencatatan Saldo Piutang .................................................................................. 33

3.12 Pencatatan Saldo Hutang .................................................................................. 35

3.13 Pencatatan Persediaan Barang .......................................................................... 37

3.14 Data Transaksi .................................................................................................. 41

BAB IV PENUTUP ................................................................................................ 51

4.1 Kesimpulan ......................................................................................................... 51

4.2 Saran ................................................................................................................... 51

DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................. 52

LAMPIRAN ............................................................................................................ 53

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2. 1 Cara Menginstal ABSS Premier. 5

Gambar 2. 2 Cara Menginstal ABSS Premier. 5

Gambar 2. 3 Cara Menginstal ABSS Premier. 6

Gambar 2. 4 Cara Menginstal ABSS Premier. 6

Gambar 2. 5 Cara Menginstal ABSS Premier. 7

Gambar 2. 6 Cara Menginstal ABSS Premier. 7

Gambar 2. 7 Cara Menginstal ABSS Premier. 8

Gambar 2. 8 Cara Menginstal ABSS Premier. 8

Gambar 2. 9 Pengenalan Jendela Awal 9

Gambar 3. 1 Pengaturan Preference. 14

Gambar 3. 2 Pengaturan Preference. 15

Gambar 3. 3 Pengaturan Preference. 15

Gambar 3. 4 Pengaturan Preference. 16

Gambar 3. 5 Pengaturan Preference. 16

Gambar 3. 6 Pembuatan Mata Uang. 17

Gambar 3. 7 Pembuatan Mata Uang. 18

Gambar 3. 8 Pembuatan Mata Uang. 18

Gambar 3. 9 Pembuatan Mata Uang. 19

   Gambar 3. 10 Pengaturan Linked Account. 20

Gambar 3. 11 Pengaturan Linked Account. 20

Gambar 3. 12 Pengaturan Linked Account. 22

Gambar 3. 13 Pengaturan Linked Account. 22

Gambar 3. 14 Pembuatan Linked Accounts. 23

Gambar 3. 15 Pembuatan Linked Accounts. 23

Gambar 3. 16 Pembuatan Linked Accounts. 24

Gambar 3. 17 Pembuatan Linked Accounts. 24

Gambar 3. 18 Pembuatan Data Pajak. 25

Gambar 3. 19 Pembuatan Data Pajak. 25

Gambar 3. 20 Pembuatan Data Job. 26

Gambar 3. 21 Pembuatan Data Job. 26

Gambar 3. 22 Pembuatan Category ABSS. 27

Gambar 3. 23 Pembuatan Category ABSS. 27

Gambar 3. 24 Pembuatan Price Level 28

Gambar 3. 25 Pencatatan Neraca Saldo. 30

Gambar 3. 26 Pencatatan Neraca Saldo. 31

Gambar 3. 27 Pembuatan Data Pelanggan, Pemasok, Dan Karyawan. 32

Gambar 3. 28 Pembuatan Data Pelanggan, Pemasok, Dan Karyawan. 32

Gambar 3. 29 Pembuatan Data Pelanggan, Pemasok, Dan Karyawan. 33

Gambar 3. 30 Pencatatan Saldo Piutang. 34

Gambar 3. 31 Pencatatan Saldo Piutang. 34

Gambar 3. 32 Pencatatan Saldo Piutang. 34

Gambar 3. 33 Pencatatan Saldo Piutang. 35

Gambar 3. 34 Pencatatan Saldo Piutang. 35

Gambar 3. 35 Pencatatan Saldo Hutang. 36

Gambar 3. 36 Pencatatan Saldo Hutang. 36

Gambar 3. 37 Pencatatan Saldo Hutang. 36

Gambar 3. 38 Pencatatan Saldo Hutang. 37

Gambar 3. 39 Pencatatan Saldo Hutang. 37

Gambar 3. 40 Pencatatan Persediaan Barang. 38

Gambar 3. 41 Pencatatan Persediaan Barang. 38

Gambar 3. 42 Pencatatan Persediaan Barang. 39

Gambar 3. 43 Pencatatan Persediaan Barang. 39

Gambar 3. 44 Pencatatan Persediaan Barang. 40

Gambar 3. 45 Pencatatan Persediaan Barang. 40

Gambar 3. 46 Pencatatan Persediaan Barang. 40

Gambar 3. 47 Pencatatan Persediaan Barang. 41

Gambar 3. 48 Data Transaksi 42

Gambar 3. 49 Data Transaksi 43

Gambar 3. 50 Data Transaksi 43

Gambar 3. 51 Data Transaksi 44

Gambar 3. 52 Data Transaksi 45

Gambar 3. 53 Data Transaksi 45

Gambar 3. 54 Data Transaksi 46

Gambar 3. 55 Data Transaksi 47

Gambar 3. 56 Data Transaksi 48

Gambar 3. 57 Data Transaksi 48

Gambar 3. 58 Data Transaksi 49

Gambar 3. 59 Data Transaksi 50

Gambar 3. 60 Data Transaksi 50

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

Tabel 3. 1 Pengaturan Preference. 14

Tabel 3. 2 Pembuatan Mata Uang. 17

Tabel 3. 3 Pengaturan Linked Account. 19

Tabel 3. 4 Pengaturan Linked Account. 21

Tabel 3. 5 Pembuatan Data Job. 26

Tabel 3. 6 Pembuatan Category ABSS. 27

Tabel 3. 7 Pembuatan Price Level 27

Tabel 3. 8 Pencatatan Neraca Saldo. 30

Tabel 3. 9 Pembuatan Data Pelanggan, Pemasok, Dan Karyawan. 32

Tabel 3. 10 Pencatatan Saldo Piutang. 33

Tabel 3. 11 Pencatatan Saldo Hutang. 35

Tabel 3. 12 Pencatatan Persediaan Barang. 38

Tabel 3. 13 Pencatatan Persediaan Barang. 39

Tabel 3. 14 Data Transaksi 43

Tabel 3. 15 Data Transaksi 44

Tabel 3. 16 Data Transaksi 46

Tabel 3. 17 Data Transaksi 47

Tabel 3. 18 Data Transaksi 49

Tabel 3. 19 Data Transaksi 50

 


BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

MYOB (Mind Your Own Businness) merupakan software komputer pengolah data akuntansi yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi yang dilakukan dengan cara memasukkan data transaksi ke dalam komputer kemudian komputer akan mengelolanya menjadi sebuah laporan. Sejak Januari tahun 2018, nama MYOB untuk daerah Asia Selatan (South Asian) berubah nama menjadi ABSS (Asian Businness Software Solution) yang fingsinya masih tetap sama yaitu mengolah data akuntansi melalui komputer. Meskipun namanya berubah, namun tampilan menu, dan perintah-perintahnya taidak mengalami perubahan.

Mungkin, jika diteliti lebih dalam masih banyak pengusaha-pengusaha yang belum menggunakan software ini untuk kepentingan usahanya. Terutama pengusaha-pengusaha kecil yang masih merintis usahanya. Padahal, tidak dipungkiri aplikasi ini pun cukup berguna untuk berbagai kalangan, tidak hanya yang berbasis perusahaan besar saja. Kebanyakan dari mereka penyebab utamanya adalah tidak tahu cara menggunakan aplikasi tersebut. Atau penyebab lain adalah mereka yang masih gagap teknologi. Oleh karena itu, tujuan makalah ini dibuat agar setidaknya dapat membantu mereka untuk lebih terbuka dengan teknologi dan belajar mengaplikasikan software ini untuk kepentingan usahanya.

Kegunaan dari software tersebut salah satunya adalah membantu dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang, hutang dagang, dan pajak dengan mudah. Selain itu juga, dengan software ini akan lebih menghemat waktu dibanding secara manual.

Dilihat dari kegunaannya, ada banyak manfaat yang dapat menguntungkan. Meskipun di sisi lain ada juga kelemahannya, namun kelemahan itu dapat tertutupi oleh kelebihannya. Maka dari itu, PT. Jaya Cell pun menggunakan penjumlahan dana/akuntansi yang terkomputerisasi dengan memanfaatkan software abss ini. Usaha kami yang berfokus pada jual-beli dan service handphone juga bisa memanfaatkan ABSS dalam kesempurnaan data pembelian dan juga penjualannya.

 

 

1.2. Tujuan

Menjelaskan tentang Aplikasi Komputer Akuntansi yang berhubungan dengan peran akuntan tersebut dan memberikan pengajaran atau pemahaman untuk kita yang ingin mendalami tentang bagaimana cara kerja Aplikasi Komputer Akuntansi tersebut.

1.3. Ruang Lingkup

Dalam penulisan Tugas Akhir ini penulis mengambil mengenai laporan keuangan pada PT. Jaya Cell, yang meliputi saldo awal akun, saldo awal piutang dan hutang, pencatatan bukti-bukti transaksi, jurnal umum, buku besar, neraca saldo, sampai dengan laporan keuangan. Laporan (report) yang diantaranya adalah laporan laba rugi, dan neraca yang sudah tergabung dengan laporan perubahan modal. Untuk pengisian data transaksi keuangan di ambil bulan Januari 2018 pada PT. Jaya Cell. Aplikasi yang digunakan adalah MYOB Accounting Versi 20.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

LANDASAN TEORI

1.1. Perkenalan ABSS Premier 20

1.1.1. Sejarah ABSS Premier 20   

Program aplikasi komputer akuntansi MYOB ini pertama kali rilis di Australia sekitar tahun 1991. Karena aplikasi MYOB ini sangat unik dan mampu mengenali kebutuhan perusahaan-perusahaan, baik perusahaan kecil menengah maupun perusahaan besar, maka aplikasi ini langsung mendapatkan tempatnya dan menerima banyak penghargaan. Kesuksesan MYOB ini langsung dirasakan di seluruh dunia hingga akhirnya pada tahun 1991, MYOB berhasil menerima dua penghargaan sekaligus, yaitu Mac Word Award untuk kategori Best Accounting Software dan kategori Best Newcomer Software (Wicaksono dan Ajeng, 2012:25).

Keberhasilan tersebut tidak membuat jajaran MYOB yang bernaung di Myob Inc ini berpuas diri. Aplikasi komputer akuntansi ini terus dikembangkan hingga pada tahun 1996 mereka yang berada di bawah naungan MYOB Limited ini akhirnya mampu membuka enam cabang baru, yaitu MYOB Asia, MYOB UK Ltd., MYOB Australia Pty., MYOB New Zealand, MYOB US, Inc., serta MYOB Canada Inc. bahkan MYOB ini juga telah membuat versi Malaysia yang menjadi versi MYOB pertama di Asia, MYOB Hongkong dan masih banyak lagi versi negara yang tersedia (Wicaksono dan Ajeng, 2012:25).

MYOB Limited juga mulai memperdagangkan sahamnya di bursa saham Australia dan menjadi most successful stock listing pada tahun 1999 di Australia Stock Exchange. Hingga saat ini seluruh versi MYOB di seluruh dunia mengalami perkembangan yang sangat luar biasa dan digunakan hampir di seluruh perusahaan-perusahaan yang ada di dunia (Wicaksono dan Ajeng, 2012:25).

1.1.2. Pengenalan ABSS Premier

Myob merupakan salah satu software akuntansi yang cukup populer di Indonesia. Software akuntansi ini sangat umum digunakan untuk mencatat seluruh transaksi bisnis dan menghasilkan laporan keuangan secara otomatis menurut Gunawan dkk (2015:1). Dikembangkan pertama kali oleh MYOB Limited Australia dan sekarang telah dikembangkan dibeberapa negara lain, seperti di New Zealand, Asia, Amerika, Kanada, dan United Kingdom. MYOB Premier dapat digunakan untuk perusahaan yang menggunakan sistem multicurrency (banyak mata uang) dan multy user (banyak pengguna).

Beberapa pertimbangan menggunakan software ini sebagai alat (tools) yang membantu proses pekerjaan akuntansi supaya menjadi lebih cepat dan tepat di antarannya adalah:

1.      User friendly (mudah digunakan).

2.      Tampilan menu dan aliran transaksi yang sederhana dan mudah. Mudah diingat dan dimengerti oleh orang awam yang kurang mengetahui secara mendalam tentang komputer dan akuntansi.

3.      Tingkat keamanan (security) yang valid untuk setiap user.

4.      Kemampuan explorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses export dan impor file yang merepotkan.

5.       Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.

6.      Dapat di aplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan oleh MYOB.

7.      Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.

8.      Bisa dijalankan secara offline maupun online.

9.      Software tersebut telah teruji karena program tersebut dikembangkan di negara lain, seperti Amerika yang negara tersebut merupakan gudang software yang terkenal dan hebat.

1.1.3. Kegunaan ABSS Premier

MYOB Accounting Software adalah software akuntansi yang sangat powerful dan mudah digunakan oleh siapa saja. Jika anda mengelola sendiri bisnis anda sendiri, MYOB Accounting Softwareakan membantu anda dalam berbagai hal contohnya seperti:

a.       Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan

b.      Mengerti lebih dalam bisnis anda

c.       Mengelola barang dagangan anda.

d.      Membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi – semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.

e.       Software ini sangat cocok untuk owner-operator, MYOB Accounting Software membantu andadalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi - semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.

1.1.4 Cara Menginstal ABSS Premier

Langkah-langkah menginstall ABSS Premier 20 adalah sebagai berikut:

1.      Klik dua kali pada ABSS_Launche

 

 

Gambar 2. 1 Cara Menginstal ABSS Premier

2.      Jendela install akan tampil. Kemudian klik Install ABSS Premier

Gambar 2. 2 Cara Menginstal ABSS Premier

3.      Jendela INTL Setup akan tampil > klik Next

Gambar 2. 3 Cara Menginstal ABSS Premier

4.      Jendela pilihan INTL Setup akan ditampilkan (biarkan standar, tidak perlu diubah) > klik Typical

Gambar 2. 4 Cara Menginstal ABSS Premier

 

5.      Jendela pilihan folder program akan ditampilkan (biarkan standar, tidak perlu diubah) > klik Next

                        Gambar 2. 5 Cara Menginstal ABSS Premier

6.      Jendela persiapan install ditampilkan > klik Install

                        Gambar 2. 6 Cara Menginstal ABSS Premier

 

 

7.      Proses install sedang berlangsung

                        Gambar 2. 7 Cara Menginstal ABSS Premier

8.      Proses install selesai > klik Finish

                        Gambar 2. 8 Cara Menginstal ABSS Premier

1.1.5. Pengenalan Jendela Awal

Berikut ini adalah tampilan awal dari ABSS Premier 20.

                                    Gambar 2. 9 Pengenalan Jendela Awal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PEMBAHASAN

3.1. Pembuatan Data Usaha Baru

PT. JAYA CELL merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang distributor Handphone Dagang dan Jasa. Perusahaan ini membeli barang dagangan secara kredit dari beberapa distributor dan kemudian menjualnya kembali kepada pelanggan secara kredit/tunai ke beberapa toko dan langganan nya. Perusahaan ini di jalankan oleh Rahman sebagai pemilik dan dibantu oleh beberapa pegawai nya. Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan PT. JAYA CELL juga menerima Jasa Service perbaikan handphone yang mengalamai kerusakan

Perusahaan ini pula sudah terdaftar menjadi PKP(pengusaha kena pajak) sehingga setiap transaksi penjualan yang dilakukan wajib memungut Pajak Pertambahan Nilai sebesar 10% dari nilai penjualan kepada setiap pelanggannya. Pada bulan januari 2018, PT. JAYA CELL memutuskan untuk merubah pencatatan akuntansinya yang asalnya manual menjadi Terkomputerisasi menggunakan ABSS Premier V.20 dengan memegang konsep Multy Currency. Berikut ini adalah rincian data perusahaannya:

Nama               : PT. JAYA CELL

Alamat            : Jl. Cikukulu caringin No. 17, Kab. Sukabumi 43154

No.Telepon     : 021-231799

No. Fax           : 021-231799

Email               : jayacell@gmail.com

3.1.1. Kebijakan Perusahan

1.      Periode Pembukuan

-          Periode pembukuan yang digunakan PT. JAYA CELL dimulai pada tanggal 01 januari 2018 dan di tutup pada tanggal 31 Desember 2019. Jumlah bulan pada periode akuntansi PT. JAYA CELL adalah 13 bulan (thirteen) yang digunakan untuk proses penyesuaian, sehingga kita bisa melihat laporan keuangan sebelum di audit yaitu pada periode 1-12 dan laporan keuangan setelah di audit yaitu pada periode 1-13.

-          Format tanggal yang digunakan adalah “dd/mm/yyyy”

-          Mata uang yang akan digunakan terdiri dari 2 mata uang yaitu: Rupiah (Rp.), Singapore dollar dan Dollar ($)

-          Akun list yang akan digunakan PT. JAYA CELL meggunakan daftar akun yang telah disiapkan oleh Myob ABSS V20 sesuai dengan jenis usahanya yaitu Distributor.

2.      Pembelian

-          Setiap pembelian akan diperhitungkan PPn 10% dari nilai pembelian

-          Setiap retur pembelian akan diperhitungkan pengurangan atas nilai hutang dan PPN Income dan dihitung sesuai dengan negosiasi terhadap supplier.

-          Potongan pembelian saat melakukan pembayaran untuk nilai PPn tidak diperhitungkan sesuai dengan negosiasi terhadap Supplier.

3.      Pengeluan kas

-          Transaksi pengeluaran dibawah Rp. 1.000.000 dibayar menggunakan akun kas kecil dan jika diatas Rp. 1.000.000 dibayarkan menggunakan Kas/Cash berdasarkan nama mata uang yang digunakan.

4.      Penjualan

-          Setiap penjualan akan diperhitungkan PPn 10% dari nilai pembelian

-          Setiap retur penjualan akan diperhitungkan pengurangan atas nilai hutang dan PPN outcome dan dihitung sesuai dengan negosiasi terhadap supplier.

-          Potongan penjualan saat penerimaan pembayaran untuk PPN tidak diperhitungkan sesuai dengan negosiasi terhadap Supplier.

5.      Penerimaan Kas

-          Setiap penerimaan kas akan disetor ke bank sesegera mungkin pada hari yang sama dan sedapat mungkin tidak menyimpan dana dalam jumlah besar di brangkas perusahaan.

-          Dana perusahaan disimpan dalam rekening giro nomer 0011-10-12663 Bank BCA, KCP-Sukabumi Raya Kota Sukabumi.

6.      Persediaan Barang

-          Sistem pencatatan nya menggunakan sistem Perpertual Rata-rata Bergerak

-          Metode yang dipergunakan adalah metode harga pokok Rata-rata Bergerak

7.      Penyusutan Aktiva Tetap

-          Penyusutan atau depresiasi aktiva tetap dihitung dengan metode garis lurus

-          Perhitungan dan pencatatan beban penyusutan dilakukan pada setiap bulan.

3.1.2. Langkah-Langkah Untuk Membuat Data Perusahaan Menggunakan Metode Garis Lurus

a.       Buka software ABSS Premier V.20 dengan mengklik ganda ikon ABSS V.20

b.      Selanjutnya tampil kotak dialog Welcome To ABSS Premier. Untuk membuka data baru pilih Create a new company file.  pada bagian Introduction.

c.       Selanjutnya muncul kotak dialog New Company File Asistant dan klik Next pada bagian Introduction.

d.      Isikan data baru perusahaan pada kotak dialog New Company File Asistant bagian Company Information. Setelah semua sudah terisi dengan data yang benar, klik tombol Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.

e.       Pada kotak Dialog New Company File Asistant bagian Accounting Information isikan data tahun pembukuan dan bulan transaksi perusahaan. Data yang diinput tidak boleh SALAH, kemudian jika sudah benar klik tombol Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.

f.        Pada Please confirm your accounting information akan menampilkan sebuah konfirmasi tentang accounting year yang sudah dibuat, pastikan bahwa tahun, bulan, dan periode akuntansi yang diisi sudah benar, karena jika sudah sampai tahap conclusion data periode yang sudah dibuat tidak dapat diubah kembali, dan Anda harus mengulang dari proses awal. Jika sudah merasa benar klik tombol Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.

g.      Pilih option pertama yaitu “I would like to start with one of the list provided by ABSS” pada kotak dialog New Company File Asistant bagian Accounts List. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.

Penjelasan dari pilihan pada kotak dialog New Company File Asistant bagian Accounts List, yaitu:

1. I would like to start with one of the list provided by ABSS : Berarti menggunakan daftar akun yang telah disediakan oleh ABSS sesuai dengan jenis usaha yang dipilih.

2. I would like to import a list of accounts provided by my accountant after I’m done creating my company file: Berarti menggunakan daftar akun dngan fasilitas import akun, dengan memasukan data dari file lain.

3. I would like to build my own accounts list once I begin using ABSS Premier: Berarti daftar akun yang digunakan dengan cara membuat daftar akun sendiri secara langsung.

h.      Pada Select your accounts list pilih jenis perusahaan yang sesuai dengan perusahaan. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan proses selanjutnya. Pengisian data perusahaan data Select your accounts list dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

 Industry Classification: Pilih jenis usaha yang sesuai dengan perusahaan, dalam kasus perusahaan ini pilih Service.

Type of Business: Pilih tipe perdagangan yang sesuai dengan perusahaan, dalam kasus ini pilih Distributor.

i.        Pada kotak Dialog New Company File bagian Company File klik tombol Change untuk memilih tempat penyimpanan file data perusahaan. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.

j.        Setelah itu, akan tampil informasi Congratulation sebagai ucapan Selamat, karena anda sebagai pemakai software ABSS Premier V.20 dan telah berhasil membuat data akuntansi baru. Kemudian pada kotak dialog New Company File Asistant bagian Conclusion klik tombol Command Centre untuk melanjutkan proses selanjutnya.

3.1.3. Pengaturan Preference

Menurut (Wahana Komputer, 2014) “Preferences digunakan untuk mengatur cara pengaksesan, melihat transaksi dan membuat masukan data”. Pengaturan untuk setiap pengguna file perusahaan dapat diatur pada preferences. Komponen pada Preferences terbagi menjadi 8 bagian. Saat membuat file baru fasilitas multi currencies tidak langsung diaktifkan oleh ABSS Premier. Untuk mengaktifkan fasilitas multi currencies melalui menu preferences.

 

 

 

 

 

     Gambar 3. 1 Pengaturan Preference      

 

System Preferences

Ceklis untuk opsi “I Deal in Multiple

Currencies [System-Wide]

Windows Preferences

Unceklis untuk opsi “Automatically Check Spelling in Text Fields Before

Recording Transaction”

Sales Preferences

Ceklis untuk opsi: “Warn for Duplicate

Invoices Numbers on Recorded Sales”

Buat termin 2/10 Net 30 untuk termin

pembayaran transaksi penjualan.

Purcahases Preferences

Ceklis untuk opsi: “Warn for Duplicate Purchase Orders Numbers on Recorded

Purchases”

Security Preferences

Buat user ID berdasarkan nama masing-

Masing

                                                                                Tabel 3. 1 Pengaturan Preference

Untuk menentukan Preferences tersebut ditetapkan dengan cara sebagai berikut :

1.       Pilih menu Setup – Preferences

Pada Bagian System:

Bagian System mengijinkan pengaturan ABSS untuk berinteraksi dengan aplikasi, internet, cetak invoice, dan pengaturan untuk penggunaan sistem multi currency yang berpengaruh pada sistem.

a.      Klik opsi “I Deal in Multiple Currencies [System-Wide]”

b.      Kemudian klik botton OK pada kotak dialog informasi

c.       Pada opsi “I Deal in Multiple Currencies [System-Wide]” akan tampil tanda ceklis

 

Pada Bagian Windows:

Bagian windows mengizinkan untuk mengatur tampilan dalam lingkungan ABSS seperti tata letak setiap window, symbol mata uang, memilih yang diizinkan tampil dan yang disembunyikan. Contoh yang perlu diatur pada bagian windows yaitu: Hilangkan tanda ceklis pada opsi “Automatically Check Spelling in Text Fields Before Recording Transaction”

                                    Pada Bagian Sales:

a.       Ceklis pada opsi “Warn for Duplicate Invoices Numbers on Record sales”

b.      Klik bottom Terms untuk membuat termin pembayaran

c.       isi data termin pada kotak dialog Credit Terms

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3. 2 Pengaturan Preference                                                           

 

 

 

 

Gambar 3. 3 Pengaturan Preference

                                     Pada Bagian Purchases Preferences:

a.       Ceklis pada opsi: “Warn for Duplicate Purchase Orders Numbers on Recorded Purchases

 

 

 

 

 

 

 

                                                            Gambar 3. 4 Pengaturan Preference

                      Pada Bagian Security Preferences:

a.       Klik tombol user IDs

b.      klik tombol New

c.       isi data berdasarkan nama masing-masing pada kolom User ID

d.      klik tombol Ok

 

 

 

 

 

 

 

 


                                                            Gambar 3. 5 Pengaturan Preference

 

3.2. Pembuatan Mata Uang

Setelah mengaktifkan fasilitas multi currencies, secara otomatis telah dibuatkan salah satu mata standar internasional, yaitu United States Dollars [local] supaya sesuai dengan kondisi di Indonesia maka kode dan nama mata uang tersebut harus diganti menjadi rupiah. Berikut daftar mata uang yang perlu dibuat.

 

Currency Code

Currency Name

Exchange Rate

Currency Symbol

IDR

Rupiah

1

Rp

USD

United States Dollars

14.122

US$

SGD

Singapore Dollars

10.431

S$

Tabel 3. 2 Pembuatan Mata Uang


1.    
Pilih Menu List – Currencies

Gambar 3. 6 Pembuatan Mata Uang

2.       Kemudian akan tampil daftar mata uang yang telah disediakan oleh ABSS Premier. Dari daftar mata uang tersebut Hapus data mata uang yang tidak digunakan, dengan cara klik kanan pada list mata uang kemudian Delete Currency.

3.       Mata Uang Rupiah

a.      Pada kotak dialog Currencies List, klik anak panah di baris United States Dollars (Local) atau klik tombol Edit.


Isi data pada kotak dialog Currencies List menjadi seperti berikut:

Gambar 3. 7 Pembuatan Mata Uang

Currency Code       : diisi dengan kode untuk mata uang, untuk studi kasus perusahaan ini ubah kode mata uang dari USD menjadi IDR.

Currency name       : diisi dengan nama mata uang, ubah mata uang United States Dollar menjadi Rupiah.

Currency Symbol : diisi dengan symbol mata uang, ubah simbolnya daru US$ menjadi Rp (tanpa titik)

4.       Mata Uang Singapore Dollars

a.      Edit mata uang Singapore Dollars dengan cara klik anak panah atau klik tombol

Edit di baris Singapore Dollars.

b.     
Ubah pada kolom Exchange Rate untuk mata uang SGD ubah menjadi Rp. 10.431

Gambar 3. 8 Pembuatan Mata Uang

 

5.       Mata Uang United States Dollars

a.      Buat baru untuk mata uang United States Dollars dengan cara klik tombol New

b.      Isi data menjadi seperti berikut:

Currency Code             : isi data USD

Currency Name           : isi data United States Dollars

Exchange Rate            : isi data sebesar 14.122


Currency Symbol          : isi data menjadi US$

Gambar 3. 9 Pembuatan Mata Uang

3.3. Pengaturan Linked Account

Pengaturan data akun yang dilakukan pada modul Account meliputi penghapusan akun, pengeditan akun, dan pembuatan akun.

1. Edit Data Akun

Adapun akun-akun yang perlu diubah sebagai berikut


 

 

No

Data Akun Lama

Data Akun Baru

Nomor Akun

Nama Akun

Nomor Akun

Nama Akun

1

1-2110

Cheque Account

1-2110

Cash (IDR)

2

1-2140

Petty Cash

1-2140

Bank BCA (IDR)

3

1-2160

Undeposited Funds

1-3170

Undeposited Cheque

4

1-2200

Trade Debtors

1-2200

Trade Debtors (IDR)

5

2-2200

Trade Creditors

2-2200

Trade Creditors (IDR)

Tabel 3. 3 Pengaturan Linked Account

Untuk melakukan pengeditan data akun, ikuti langkah-langkah berikut:

a.       Pilih nomor akun atau nama akun yang ingin diubah datanya, sebagai contoh mengubah nama akun “Cheque Account” menjadi “Cash (IDR)” Kemudian klik tanda panah sebelah kiri akun atau dengan cara klik tombol Edit.

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 17. Edit Akun


   Gambar 3. 10 Pengaturan Linked Account

                                                 Gambar 3. 11 Pengaturan Linked Account

2. Pembuatan Data Akun Baru

Buat daftar akun untuk mata uang asing di bawah ini


 

Account Type

Account#

Acc Name

H/D

Bank

1-2120

Cash (USD)

Detail

Bank

1-2121

Cash (USD) Exchange

Detail

Bank

1-2130

Cash (SGD)

Detail

Bank

1-2131

Cash (SGD) Exchange

Detail

Bank

1-2150

Bank (USD)

Detail

Bank

1-2151

Bank (USD) Exchange

Detail

Bank

1-2160

Bank (SGD)

Detail

Bank

1-2161

Bank (SGD) Exchange

Detail

Other Asset

1-1430

Persediaan Handphone

Detail

Other Asset

1-1440

Persediaan Baterai

Detail

Other Asset

1-1450

Persediaan Casing

Detail

Other Asset

1-1460

Persedian Aksesoris

Detail

Account

Receivable

1-2210

Trade Debtors (USD)

Detail

Account

Receivable

1-2211

Trade Debtors (USD)

Exchange

Detail

Account

Receivable

1-2220

Trade Debtors (SGD)

Detail

Account

Receivable

1-2221

Trade Debtors (SGD)

Exchange

Detail

Account Payable

2-2220

Trade Creditors (USD)

Detail

Account Payable

2-2221

Trade Creditors (USD)

Exchange

Detail

Account Payable

2-2230

Trade Creditors (SGD)

Detail

Account Payable

2-2231

Trade Creditors (SGD)

Exchange

Detail

Other Liability

2-2340

VAT Clearing

Detail

Other Liability

2-2440

Salaries Payable

Detail

Other Income

8-2000

Fores Gain (Loss)

Header

Other Income

8-2100

Realised Gain (Loss) Forex

Detail

Other Income

8-2200

Unrealised Gain (Loss) Forex

Detail

Tabel 3. 4 Pengaturan Linked Account

Langkah-langkah membuat akun baru untuk mata uang asing sebagai berikut :

a.       Pada kotak dialog Account List pilih tombol New.

b.       Pada kotak dialog Edit Accounts untuk tab profile pilih option Header/Detail sesuai yang diinginkan, kemudian pilih type akun sesuai yang diinginkan. Setelah itu buat nomor akun dan nama akun sesuai dengan kode dan nama yang diinginkan. Sebagai contoh buat akun Cash (USD) dengan type account Bank, seperti berikut:


 

Gambar 3. 12 Pengaturan Linked Account

c.       Pada kotak dialog Edit Acounts untuk tab Details, pada kolom Currency ubah menjadi mata uang sesuai yang diinginkan kemudian klik tombol Use Currency. Sebagai contoh ganti currency menjadi USD.

d.     
Setelah itu, akan tampil kotak dialog ABSS Premier, untuk konfirmasi bahwa akan dibuatkan akun Exchange secara otomatis oleh ABSS berdasarkan pilihan mata uang yang sudah dipilih pada kolom Currency. Jika anda setuju ingin dibuat akun Exchange secara otomatis klik botton OK.

Gambar 3. 13 Pengaturan Linked Account

e.       Pada kolom Currency Exchange Account akan tampil nomor akun secara otomatis, contohnya tampil nomor akun 1-2121 Cash (USD) Exchange.


f.        Kemudian sesuaikan type akun untuk akun Exchange yang terbentuk secara otomatis dengan type akun yang diinginkan. Contoh pada account 1-2121 Cash (USD) Exchange ubah type akun “other asset” menjadi “Bank”, dengan cara klik tanda panah pada akun Cash (USD) Exchange kemudian pada tab profile bagian kolom Account Type ubah menjadi Bank.

3.4. Pembuatan Linked Accounts

                    1. Linked Accounts Mata Uang IDR

                    a. Buka menu Lists pilih Currencies.

b. Pilih baris mata uang Rupiah (Local) kemudian klik tombol Edit atau klik tanda panah.


c. Ubah Link account pada tab Receivable Accounts

                                    Gambar 3. 14 Pembuatan Linked Accounts

      d. Ubah link account pada tab Payable Accounts

 

 

 

 

 

 

 

                                      Gambar 3. 15 Pembuatan Linked Accounts

                    2. Linked Accounts Mata Uang USD

Jika terjadi pembelian dan penjualan dengan mata uang asing USD maka harus menentukan kembali link acount untuk setiap mata uang asing tersebut.

a. Buka dari menu Lists pilih Currencies.

b. Pilih baris mata uang United States Dollars kemudian klik tombol Edit atau klik tanda panah.

c. Ubah link account pada tab Receivable Accounts


Gambar 3. 16 Pembuatan Linked Accounts

c.      
Ubah Link account pada tab Payable Accounts

  Gambar 3. 17 Pembuatan Linked Accounts

                        3. Linked Accounts Mata Uang SGD

Jika terjadi pembelian dan penjualan dengan mata uang asing maka harus menentukan kembali link account untuk setiap mata uang asing tersebut.

a. Buka dari menu Lists pilih Currencies.

b. Pilih baris mata uang Singapore Dollars kemudian klik tombol Edit atau klik tanda panah.

c. Ubah link account pada tab Receivable Accounts.

d. Ubah link account pada tab Payable Accounts

3.5. Pembuatan Data Pajak

Software ABSS Premier V.20 sudah menyediakan standar baku pajak yang bisa digunakan oleh perusahaan. Menurut (Mahmudi, 2015) “Anda tinggal mengganti kode pajak VAT menjadi kode pajak PPN sesuai dengan penamaan pajak penjualan di Indonesia”. Langkah-langkah membuat kode pajak:

a.       Pada menu Bar menu Lists lalu pilih Tax Codes


Gambar 3. 18 Pembuatan Data Pajak

b.      Muncul jendela Tax Code List. Double klik baris pajak VAT atau klik Edit

c.       Setelah itu akan tampil data VAT sebelum dilakukan perubahan data

Gambar 3. 19 Pembuatan Data Pajak

 

 

 

3.6. Pembuatan Data Job

Jobs oleh ABSS diartikan sebagai suatu bagian pekerjaan dalam perusahaan.

Dengan menggunakan fasilitas job ini, perusahaan dapat melihat dan menganalisa laba atau rugi atas bagian pekerjaan tersebut. Berikut daftar jobs yang perlu dibuat:

JOB NO

JOB NAME

P

Produk

J

Jasa

                                                                  Tabel 3. 5 Pembuatan Data Job

Langkah-langkah memuat daftar jobs:

d.      Pilih menu Lists kemudian pilih Jobs



Gambar 3. 20 Pembuatan Data Job

e.       Tampil kotak dialog Jobs List kemudian klik tombol New

f.       
Tambahkan detail Job sesuai yang diinginkan kemudian klik tombol OK

Gambar 3. 21 Pembuatan Data Job

3.7. Pembuatan Category ABSS

Menyediakan satu fasilitas tambahan lagi untuk bisa memisahkan laporan perdevisi, cabang, tau kategori. Category yang dimaksudkan di sini nantinya kita bisa melihat laporan laba rugi. Bisa melihat laporan neraca, laporan buku besar, dan per kategori. Selain itu category bisa juga diklasifikasikan sebagai departemen suatu perusahaan yang bersifat cost centre. Daftar kategori yang perlu dibuat, seperti berikut:

Categories ID

Categories Name

L

Local

O

Overseas

                                                             Tabel 3. 6 Pembuatan Category ABSS

Langkah-langkah membuat category:


a. Pilih menu Lists kemudian pilih Categories

 Gambar 3. 22 Pembuatan Category ABSS

                    b. Setelah tampil kotak dialog Categories List, Klik New

                    c. Tampilan seperti berikut lalu klik OK


Gambar 3. 23 Pembuatan Category ABSS

3.8. Pembuatan Price Level

Berikut daftar price level yang perlu dibuat:

Price ID

Price Name

A

IDR

B

USD

C

SGD

                                                      Tabel 3. 7 Pembuatan Price Level

 

 

Langkah-langkah membuat price level:

1.      Pilih menu List kemudian pilih Custom list & field Names setelah itu pilih Price Levels

2.     
Pada tab Price Level sesuaikan dengan yang diinginkan

Gambar 3. 24 Pembuatan Price Level

3.9. Pencatatan Neraca Saldo

Menurut (Wahana Komputer, 2015) “Pengertian saldo awal dalam akuntansi adalah saldo rekening atau akun yang ada pada saat dimulainya siklus pembebanan”. Neraca saldo adalah saldo perkiraan yang ada pada buku besar di perusahaan pada waktu tertentu. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengisi saldo awal pada ABSS Premier V.20 yaitu:

1.       Masukkan nilai minus jika jumlah saldo awal perkiraan tersebut bersifat mengurangi perkiraan lain, misalnya untuk perkiraan Akumulasi Penyusutan, potongan, retur dan prive.

2.       Masukkan nilai minus jika akun yang ada di neraca saldo, tidak pada posisi normal.


3.       Selisih pemasukan saldo awal akan ditampilkan pada bagian bawah form opening balance. Nilai selisih tersebut akan dialokasikan kea kun Historical Balancing.

4.       Jika nilai saldo belum nol atau belum seimbang, maka ada yang salah dalam proses pengisian.

 

 

 

 

PT. JAYA CELL TRIAL BALANCE

JANUARI-DESEMBER 2017

Acc. No.

Account Name

Debet

Credit

1-2110

Cash (IDR)

Rp. 23.040.634

 

1-2120

Cash (USD)

US$ 156

 

1-2121

Cash (USD) Exchange

Rp. 2.202.876

 

1-2130

Cash (SGD)

S$ 645

 

1-2131

Cash (SGD) Exchange

Rp. 6.727.350

 

1-2140

Bank BCA (IDR)

Rp. 150.000.000

 

1-2150

Bank (USD)

US$ 50

 

1-2151

Bank (USD) Exchange

Rp. 706.050

 

1-2160

Bank (SGD)

S$ 55

 

1-2161

Bank (SGD) Exchange

Rp. 573.650

 

1-2200

Trade Debtors (IDR)

Rp. 24.000.000

 

1-2210

Trade Debtors (USD)

US$ 375

 

1-2211

Trade Debtors (USD)

Exchange

Rp. 5.295.375

 

1-2220

Trade Debtors (SGD)

S$ 15

 

1-2221

Trade Debtors (SGD)

Exchange

Rp. 156.450

 

1-1410

Furniture & Fixture at Cost

Rp. 4.000.000

 

1-1420

Furniture & Fixture Accum

Dep

 

Rp. 703.125

1-1430

Persediaan Handphone

Rp. 84.200.000

 

1-1440

Persediaan Baterai

Rp. 4.325.000

 

1-1450

Persediaan Casing

Rp. 500.000

 

1-1460

Persediaan Aksesoris

Rp. 3.325.000

 

1-1710

Transport Equip at Cost

Rp 150.000.000

 

1-1720

Transport Equip Accum

Dep’n

 

Rp 15.000.000

2-2200

Trade Creditors (IDR)

 

Rp. 85.000.000

2-2220

Trade Creditors (USD)

 

US$ 34

2-2221

Trade Creditors (USD)

Exchange

 

Rp. 480.114

2-2230

Trade Creditors (SGD)

 

S$ 43

2-2231

Trade Creditors (SGD)

Exchange

 

Rp. 448.490

2-2350

Sales Tax Payable

 

Rp. 8.771.875

2-2440

Salaries Payable

 

Rp. 18.350.000

3-1100

Owner’s/Shareldr Capital

 

Rp. 230.000.000

3-8000

Retained Earnings

 

Rp. 100.300.000


Tabel 3. 8 Pencatatan Neraca Saldo

Berikut langkah-langkah untuk mengisikan saldo awal neraca saldo

a.     
Pada menu bar pilih menu Setup pilih Balances kemudian pilih Account Opening Balances

   Gambar 3. 25 Pencatatan Neraca Saldo

b.      Masukkan nilai nominal saldo awal untuk masing-masing perkiraan pada kolom Opening Balance.

c.       Nominal akun Exchange akan secara default diberikan oleh ABSS Premier V.20 dengan klik tombol Calculate Now.

d.      setelah itu akan tampil kotak dialog Confirm Exchange Account Opening Balance kemudian klik tombol OK.

e.      
Hasil dari pengisian saldo awal pada kotak dialog Account Opening Balances

Gambar 3. 26 Pencatatan Neraca Saldo

 

3.10. Pembuatan Data Pelanggan, Pemasok, Dan Karyawan

Berikut ini adalah data pelanggan, pemasok, dan karyawan yang dimiliki oleh perusahaan


 

Card Type

Name

Card ID

Address

Currency

Customer

Maju Teleshop

C-001

Jl. Raya Rambay No.

53, kab. Sukabumi

IDR

Customer

Farasaka Phone

C-002

Jl. Cisaat No. 243,

kab. Sukabumi

USD

Customer

PT. Makmur Phone

C-003

Jl. Ir. H. Djuanda No.

10, Sukabumi

SGD

Customer

PT. Rinza Cell

C-004

Jl. Bhayangkara No.

17, Sukabumi

IDR

Supplier

PT. Java Techno

S-001

Jl. Garuda No. 89,

Jakarta Timur

IDR

Supplier

PT. Indah Permata

S-002

Jl. Elang No. 45,

Bandung

USD

Supplier

PT. Focusindo

S-003

Jl. Pucung No. 45,

Jakarta

SGD

Supplier

PT. Abadi Techno

S-004

Jl. Kemuning No. 23,

Jakarta Pusat

IDR

Employee

Galih

E-001

Perum Permai Blok

X.1, kab. Sukabumi

-

Employee

Doni

E-002

Jl. Cikiray No. 16,

Sukabumi

-

                                  Tabel 3. 9 Pembuatan Data Pelanggan, Pemasok, Dan Karyawan

Berikut langkah-langkah untuk mengisikan saldo awal Data Pelanggan, Pemasok. Dan Karyawan:

1. Pilih menu Card File pada Command Centre kemudian pilih Card List.

2. Pilih jenis All Cards kemudian pilih tombol New.

3. Pada kotak dialog Card File untuk tab Profile.


Gambar 3. 27 Pembuatan Data Pelanggan, Pemasok, Dan Karyawan

                        4. Setelah itu, klik tab Selling Details.


 

 

 

 

 

 


Gambar 3. 28 Pembuatan Data Pelanggan, Pemasok, Dan Karyawan

                        5. Lakukan langkah yang sama untuk Data Card List lainnya.

                        6. Berikut hasil yang sudah diinput


   Gambar 3. 29 Pembuatan Data Pelanggan, Pemasok, Dan Karyawan

 

3.11. Pencatatan Saldo Piutang

Data saldo piutang yaitu:

ID

Name

No. Inv

Tanggal

Opening

Balance

Job

Category

C-001

Maju Teleshop

INV-01

28 Des 2017

Rp 12.000.000

P

L

C-002

Farasaka Phone

INV-02

31 Des 2017

US$ 375

P

O

C-003

PT. Makmur Phone

INV-03

30 Nov 2017

S$ 15

P

O

C-004

PT. Rinza Cell

INV-04

27 Nov 2017

Rp 12.000.000

P

L

                                                                Tabel 3. 10 Pencatatan Saldo Piutang

Berikut langkah-langkah untuk mengisikan saldo piutang:

1.      Pilih menu Setup -> Balance -> Customer Balance

2.      Pilih jenis Currency sesuai dengan data customernya, contoh: IDR

3.      Pilih customer yang ingin dibuatkan saldo piutangnya, contoh: PT. Maju Teleshop

4.      Klik tombol Add Sale.

5.      Isikan data-data yang ada pada tabel data piutang


   Gambar 3. 30 Pencatatan Saldo Piutang

6.     
Lanjutkan untuk mengisi saldo piutang berikutnya hingga tampil pesan seperti berikut:

         Gambar 3. 31 Pencatatan Saldo Piutang

7.      Berikut hasil data saldo piutang yang sudah diinput


     Gambar 3. 32 Pencatatan Saldo Piutang


Gambar 3. 33 Pencatatan Saldo Piutang

 Gambar 3. 34 Pencatatan Saldo Piutang

 

3.12. Pencatatan Saldo Hutang

Data saldo hutang sebagai berikut:

 

ID

Name

No. Inv

Tanggal

Opening

Balance

Job

Category

S-

002

PT. Indah

Permata

INV-01

02 Nov

2017

US$ 34

P

O

S-

003

PT. Focusindo

INV-02

30 Nov

2017

S$ 43

P

O

S-

001

PT. Java Techno

INV-03

11 Des 2017

Rp

45.000.000

P

L

S-

004

PT. Abadi Techno

INV-04

17 Des 2017

Rp

40.000.000

P

L

Tabel 3. 11 Pencatatan Saldo Hutang

Langkah membuat saldo hutang yaitu:

1.   Pilih menu Setup -> Balance -> Customer Balance

2.   Pilih jenis Currency sesuai dengan data suppliernya, contoh: USD

3.   Pilih supplier yang ingin dibuatkan saldo hutangnya, contoh: PT. Indah Permata

4.   Klik tombol Add Purchase.

5.   Isikan data-data yang ada pada tabel data hutang


Gambar 3. 35 Pencatatan Saldo Hutang

6.      Lanjutkan untuk mengisi saldo hutang berikutnya hingga tampil pesan sebagai berikut:


 

             Gambar 3. 36 Pencatatan Saldo Hutang

7.     
Berikut hasil data saldo hutang yang sudah diinput

Gambar 3. 37 Pencatatan Saldo Hutang

Gambar 3. 38 Pencatatan Saldo Hutang

Gambar 3. 39 Pencatatan Saldo Hutang

 

3.13. Pencatatan Persediaan Barang

1.   Setup Item List

Item No.

BSG

HDS

HSA

IPH

CSM

Item Name

Baterai

Samsung A

Headset

Samsung

A50

IPhone 11

Pro Max

Casing

Samsung

I Buy This Item

5-1100

Baterai Purchases

5-1400

Accessories Purchases

5-1200

Handphone Purchases

5-1200

Handphone Purchases

5-1300

Casing Purchases

I Sell This Item

4-1200

Baterai Sales

4-1400

Accessories Sales

4-1100

Handphone Sales

4-1100

Handphone Sales

4-1300

Casing Sales

I Inventory This Item

1-1440

Persediaan Baterai

1-1460

Persediaan Aksesoris

1-1430

Persediaan Handphone

1-1430

Persediaan Handphone

1-1450

Persediaan Casing

Selling Price

IDR : 50.000

US$ : 3,60

S$ : 4,85

IDR : 125.000

US$ : 9

S$ : 12,125

IDR : 5.000.000

US$ : 360

S$ : 485

IDR : 30.000.000

US$ : 2,160

S$ : 2,190

IDR : 500.000

US$ : 36

S$ : 48,5

Tax Code When Bought/Sold

N-T

N-T

N-T

N-T

N-T

Unit

Unit

Unit

Unit

Unit

Unit

                                                                Tabel 3. 12 Pencatatan Persediaan Barang

Cara menginput data persediaan yaitu :

1.      Pilih modul Inventory

2.      Item List -> New

3.     
Isikan data pada tab Profile, Buying Details, dan Selling Details

Gambar 3. 40 Pencatatan Persediaan Barang


Gambar 3. 41 Pencatatan Persediaan Barang

Gambar 3. 42 Pencatatan Persediaan Barang

Gambar 3. 43 Pencatatan Persediaan Barang

2. Opening Balance untuk Persediaan

Item No.

Item Name

Qty

Unit Cost

Account#

BSG

Baterai Samsung A

40

Rp 50.000

1-1440

HDS

Headset

15

Rp 125.000

1-1460

HSA

Samsung A50

6

Rp 5.000.000

1-1430

IPH

IPhone 11 Pro Max

10

Rp 30.000.000

1-1430

CSM

Casing Samsung

12

Rp 500.000

1-1450

Tabel 3. 13 Pencatatan Persediaan Barang


Langkah-langkah untuk setup opening Balance Inventory, yaitu :

1.      Pada command centre pilih Inventory.

2.      Pilih Count Inventory.

3.      Akan ditampilkan kotak dialog Count Inventory. Ketikkan jumlah kuantitas setiap barang pada kolom counted. Selanjutnya klik tombol Adjust Inventory.

Gambar 3. 44 Pencatatan Persediaan Barang

4.     
Tampil kotak dialog Default Expense Account. Pilihan ini bisa dikosongkan. Setelah itu klik Continue.

     Gambar 3. 45 Pencatatan Persediaan Barang

5.      Klik Opening Balances

6.     
Lalu isikan harga pokok barang per unit di kolom unit cost, beserta pilihan akun persediaan pada kolom Account.

       Gambar 3. 46 Pencatatan Persediaan Barang

7.      Tekan CTRL + R untuk melihat efek jurnal dari adjust inventory.


         Gambar 3. 47 Pencatatan Persediaan Barang

8.      Klik tombol Record.

 

3.14. Data Transaksi

1.      Pada tanggal 2 Januari 2018 perusahaan melakukan pelunasan hutang kepada PT. Indah Permata sebesar US$ 34 melalui Cash (USD) [Cheque No: BK020101]

Penyelesaian:

                                                                    a.      Klik modul Purchases

                                                                   b.      Pilih Pay Bills

                                                                    c.      Pilih nama Supplier

                                                                   d.      Pilih jenis Account sesuai dengan yang ditentukan

                                                                    e.      Isikan data pada kolom Cheque No. dan kolom Date

                                                                     f.      Isikan nominal sesuai dengan jumlah yang ingin dibayar pada kolom Amount Applied

                                                                   g.      Klik tombol Tab pada kolom Amount agar kolom Out of Balance menjadi nol


Gambar 3. 48 Data Transaksi


2.   Pada tanggal 3 Januari 2018 Farasaka Phone membeli barang secara kredit dengan termin 2/10 n/30. Berikut adalah daftar barang yang dibeli oleh Farasaka Phone : [Job: P], [Category: O], [Exclude 10% PPN]

 

PT. Jaya Cell

Jl. Cikukulu Caringin No. 17 Kab. Sukabumi 43154

Faktur Penjualan

No          : FJ-030101                                                  Dijual kepada : Farasaka Phone Tanggal : 3 Januari 2018                                                        Alamat           : Jl. Cisaat No. 243

Termin : 2/10 n/30

Kode

Nama

Qty

Harga

Total

HDS

Headset

2

US$ 9

US$ 18

HAS

Samsung A50

1

US$ 360

US$ 360

Total

US$ 378

Total Pajak

US$ 37.8

Total Setelah Pajak

US$ 415.8

Diterima oleh                                                                          Disetujui oleh

 

 

(………………….)                                                             (……………………..)

                                                                                Tabel 3. 14 Data Transaksi                                                    

Penyelesaian:

                                                              a.            Pilih modul sales -> Enter Sales

                                                             b.            Ubah layout menjadi item

                                                              c.            Pilih tab Invoice -> Pilih pelanggan atas nama Farasaka Phone

                                                             d.            Pilih term menjadi:


    Gambar 3. 49 Data Transaksi

                                                              e.            Input data transaksi penjualan


.

 Gambar 3. 50 Data Transaksi

                                                              f.             Klik tombol Record

3.   Pada tanggal 5 Januari 2018 perusahaan menerima pembayaran piutang dari PT. Makmur Phone atas nomor Invoice: INV-03 sebesar S$ 15 ke akun Cash (SGD) [ID: R050101] Penyelesaian:

                                                              a.            Pilih modul Sales -> Receive Payments

                                                             b.            Input transaksi pelunasan piutang sesuai dengan bukti transaksi

                                                              c.            Klik record


           Gambar 3. 51 Data Transaksi

4.   Pada tanggal 6 Januari 2018 perusahaan membeli barang secara tunai kepada PT. Java Techno. Berikut adalah data barang yang dibeli oleh PT. Jaya Cell: [Nomor Purchase: FB060101], [Job: P], [kategori: L], [Exclude 10% PPN]

Kode Barang

Nama Barang

Jumlah

Harga Beli

Total Beli

CSM

Casing

Samsung

5

Rp 400.000

Rp 2.000.000

Total

Rp 2.000.000

Total Pajak

Rp 200.000

Total Setelah Pajak

Rp 2.200.000

Tabel 3. 15 Data Transaksi


Penyelesaian :

                                                              a.            Pilih modul Purchases -> Enter Purchases

                                                             b.            Klik Changes to Bill

                                                              c.            Unchecklist Tax Inclusive

                                                             d.            Ubah tampilan menjadi layout menjadi item

                                                              e.            Isikan data transaksi purchase

                                                              f.             Pilih category menjadi O

                                                             g.            Klik Record

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 3. 52 Data Transaksi

5.   Tanggal 7 Januari 2018 perusahaan menerima pembayaran piutang dari PT. Rinza Cell atas nomor Invoice: INV-04 sebesar Rp 12.000.000 ke akun Bank BCA [ID: R070102]. Penyelesaian:

                                                              a.            Pilih modul Sales -> Receive Payments

                                                             b.            Input transaksi pelunasan piutang sesuai dengan bukti transaksi

                                                              c.           
Klik record

Gambar 3. 53 Data Transaksi


6.   Tanggal 9 Januari 2018 Maju Teleshop memesan jasa service handphone sebesar Rp. 250.000 secara tunai. [Include 10% PPN], [Job: S], [Category: L], [Termin: C.O.D]

 

PT. Jaya Cell

Jl. Cikukulu Caringin No. 17 Kab. Sukabumi 43152

Faktur Penjualan

No          : FJ090102                                                   Dijual kepada : Maju Teleshop

 

Tanggal : 9 Januari 2018                                                        Alamat             : Jl. Raya Rambay 53

No

Nama

Harga

Total

1

Service Handphone

Rp 250.000

Rp 250.000

Total

Rp 250.000

Total Pajak

-

Total Setelah Pajak

Rp 250.000

Diterima Oleh                                                                             Disetujui oleh

 

(………………….)                                                                 (……………………)

                                                                                                Tabel 3. 16 Data Transaksi

Penyelesaian:

a.       pilih Modul sales -> Enter Sales

b.      Ubah layout menjadi Service

c.       Pilih Tab Invoice -> Pilih nama Customer

d.       Pilih Term menjadi C.O.D

e.       Input transaksi penjualan jasa

f.        Buat kode akun untuk kode 4-2500 Service/Repair Equipment

g.       Ceklis Tax Inclusive

h.       Klik Record

 

 

 

 

 

          

       Gambar 3. 54 Data Transaksi

7.   Pada tanggal 10 Januari 2018 dengan nomor purchase FB100102 perusahaan melakukan pengembalian barang dengan mata uang rupiah kepada PT. Java Techno. Berdasarakan nomor Purchase: FB060101 pada tanggal 6 Januari 2018 dengan cara pembayaran tunai. Rinciannya sebagai berikut [Exclude 10% PPN]


Kode Barang

Nama Barang

Jumlah

Harga Beli

Total Beli

CSM

Casing

Samsung

1

Rp 400.000

Rp 400.000

Total

Rp 400.000

Total Pajak

Rp 40.000

Total Setelah Pajak

Rp 440.000

                                                                                Tabel 3. 17 Data Transaksi

Penyelesaian:

                                    a.            Pilih modul Purchases -> Enter Purchases

                                   b.            Klik Changes To Bill

                                    c.            Pilih layout menjadi item

                                   d.            Pilih nama supplier

                                    e.            Buatlah faktur Retur terlebih dahulu dengan cara menginput jumlah yang diretur dengan tanda (-)

                                     f.            Isikan data transaksi purchase


Gambar 3. 55 Data Transaksi

                                   g.            Klik tombol record

                                   h.            Pada modul Purchases -> Pilih Purchases Register

                                     i.           
Pada tab Returns & Debits klik tombol Retur Receive Refund

Gambar 3. 56 Data Transaksi


                                     j.            Lakukan pengisian data pada kotak dialog Settle Return & Debits


 Gambar 3. 57 Data Transaksi

                                   k.            Klik tombol Record

 

8.   Pada tanggal 12 Januari 2018 perusahaan membayar hutang kepada PT. Abadi Techno atas nomor Invoice: INV-04 sebesar Rp 40.000.000 melalui akun Bank BCA [Cheque No: 120102]

Penyelesaian:

                                                              a.            Klik modul Purchases

                                                             b.            Pilih Pay Bills

                                                              c.            Pilih nama Supplier

                                                             d.            Pilih jenis Account sesuai dengan yang ditentukan

                                                              e.            Isikan data pada kolol Cheque No. dan kolom Date

                                                              f.             Isikan nominal sesuai dengan jumlah yang ingin dibayar pada kolom Amount Applied

                                                             g.            Klik tombol Tab pada kolom Amount agar kolom Out of Balance menjadi nol


Gambar 3. 58 Data Transaksi

                                                             h.            Klik tombol Record

 


9.   Pada tanggal 17 Januari 2018 perusahaan membayar biaya telepon Rp.550.000 menggunakan akun Cash (IDR)

BUKTI KAS KELUAR

Ref No : BKK-001                                                            Tanggal : 17 Januari 2018

Dibayar Kepada                      : Petugas Telepon Sejumlah                     : Rp 550.000

Keterangan                  : Membayar telepon

Sejumlah dengan huruf           : Lima Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah

                                                                                Tabel 3. 18 Data Transaksi

Penyelesaian:

                                                              a.            Pilih modul Accounts -> Record Jurnal Entry

                                                             b.            Isikan data transaksi pembayaran

                                                              c.            Untuk melihat jurnal yang dihasilkan tekan CTRL + R

 

 

 

 

 

 


Gambar 3. 59 Data Transaksi

                                                             d.            Klik Record

 

10.  Tanggal 26 Januari 2018 PT. Jaya Cell membayar gaji karyawan menggunakan mata uang IDR sebesar 3.500.000 melalui Bank BCA

BUKTI KAS KELUAR

Ref No : BKK-002                                                                 Tanggal : 26 Januari 2018

Dibayar Kepada                      : Galih

Sejumlah                                 : Rp 3.500.000

Keterangan                              : Gaji Karyawan bulan Januari Sejumlah dengan huruf           : Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah

Disetujui Oleh                         Dibayar Oleh                                Diterima Oleh

 

(…………………..)             (………………….)                     (……………………..)

                                                                                Tabel 3. 19 Data Transaksi

Penyelesaian:

                                                              a.            Pilih modul Accounts -> Record Jurnal Entry

                                                             b.            Isikan data transaksi pembayaran

                                                              c.            Untuk melihat jurnal yang dihasilkan tekan CTRL + R

                                                             d.            Klik Record


     Gambar 3. 60 Data Transaksi

BAB IV

PENUTUP

4.1. Kesimpulan

Aplikasi MYOB ini sangat efisien dan efektif untuk digunakan. Akan tetapi dibutuhkan ketelitian ekstra untuk mengerjakannya agar hasilnya menjadi benar, selain itu ketelitian juga dibutuhkan karena setiap atau tahapan yang dilakukan dalam aplikasi myob ini sangat banyak.

4.2. Saran

Sebaiknya PT. JAYA CELL melakukan pelatihan mengenai program MYOB kepada para karyawannya, agar menguasai penggunaan MYOB tersebut. Dan untuk para mahasiswa dihimbau lebih mempelajarinya lagi Aplikasi MYOB ini, agar lebih menguasainya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

https://chelf98kyuline.wordpress.com/perihal/aplikasi-komputer-akuntansi-ii-dengan-abss-v-20/

https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/204854/File_10-Bab-II-Landasan-Teori.pdf

https://www.academia.edu/6573473/SEJARAH_SINGKAT_APLIKASI_MYOB

https://www.academia.edu/33407871/MYOB_MAKALAH

https://www.slideshare.net/heri_atno/makalah-mayob

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

1. Account Transactions [Accrual]

2. Cash Disbursements

3. Cash Receipts

4. Sales Summary

5. Standard Balance Sheet

6. Trial Balance

7. Profit And Loss

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments